Tapir, Mamalia Langka dan Hampir Punah di Asia

Tapir adalah binatang herbivora yang memakan dedaunan muda di sepanjang hutan atau pinggiran sungai. Tapi juga merupakan salah satu satwa yang dilindungi karena populasinya terancam punah di Indonesia.

Supaya lebih tahu apa saja fakta-fakta tentang tapir, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Taksonomi

Spesies ini berasal dari genus Tapirus ini. Selain nama tapir, di Indonesia satwa ini juga disebut sebagai badak cipan dan tenor oleh masyarakat Melayu, serta malay tapir dan Asian tapir dalam Bahasa Inggris.

Berikut taksonomi spesies tapir Asia.

  • Kingdom Animalia

  • Filum Chordata

  • Kelas Mammalia

  • Ordo Perssidactyla

  • Famili Tapiridae

  • Genus Tapirus

  • Spesies Tapirus indicus

Habitat dan Persebaran

Habitat utama untuk spesies Tapirus indicus adalah hutan di kawasan Asia.Tapir suka hidup dekat dengan sumber air dan pepohonan sebagai sumber makanannya. Sehingga hutan menjadi tempat hidup atau habitat alami satwa ini.

Di hutan hujan tropis yang umumnya terdapat di kawasan Asia Tenggara adalah habitat hidup paling efektif dan baik untuk populasi tapir.

Di Pulau Sumatera tapir terlihat kerap melintas di sepanjang wilayah hutan dataran rendah, akan tetapi ada juga yang hidup di dataran tinggi pada ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut.

Hewan ini juga mampu beradaptasi dan biasa dijumpai di sekitar hutan primer, hutan sekunder, hutan campuran, perkebunan karet, perkebunan kelapa sawit, dan bahkan tidak jarang melintas di pemukiman penduduk.

Fakta menarik tentang persebaran tapir secara umum di dunia, khususnya spesies Tapir Asia dan Tapir Amerika. Ternyata perbedaan fisik antara kedua satwa tersebut tidak hanya menunjukkan spesies yang berbeda, tetapi sekaligus juga menjadi teori dasar untuk memisahkan wilayah teritori Benua Amerika dan Benua Asia.

Sifat dan Perilaku

Tapir adalah satwa yang memiliki kebiasaan hidup cukup unik. Binatang ini diketahui memiliki indera penglihatan yang cenderung kurang bagus, sehingga sangat bergantung pada kemampuan indera pendengaran serta indera penciumannya yang sangat tajam.

Berikut adalah sifat dan perilaku tapir

1. Binatang Soliter artinya hewan yang suka menyendiri

2. Memiliki wilayah teritori

3. Binatang krepuskular sebagai binatang aktivitasnya lebih banyak dilakukan pada waktu malam hari

4. Sifatnya Pemalu

5. Mengeluarkan suara cicitan atau siulan yang cukup keras

Makanan

Tapir adalah binatang herbivora yang hanya mengonsumsi tumbuh-tumbuhan. Diketahui bahwa total ada sekitar 115 spesies flora yang bisa dimakan oleh satwa bermoncong ini, 30 tumbuhan diantaranya merupakan makanan favorit tapir.

hewan ini memakan dedaunan, umbi-umbian yang empuk, serta beberapa macam buah-buahan. Adapun untuk memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuhnya tapir biasa memanfaatkan pasokan air di sekitarnya atau mencari wilayah yang memiliki kandungan garam mineral.

Demikianlah informasi mengenai hewan tapir, mamalia langka dan hampir punah di asia. Semoga bermanfaat!